Penyebab Tidak Lancarnya Siklus Menstruasi menurut SehatQ.com

Posted on

Siklus menstruasi setiap perempuan memang berbeda. Bisa teratur sesuai tanggal yang ditentukan, namun bisa juga sewaktu-waktu berubah. Ada sebagian perempuan yang punya siklurs haid panjang dan pendek. Bahkan pada kondisi tertentu, darah haid juga bisa tidak konsisten atau keluarnya tidak sebanyak biasanya.

Obat penunda haid

Nah, terjadinya darah haid yang sedikit ini sebetulnya punya sebab-akibat. Misalnya saja mulai dari faktor usia, kehamilan, pola hidup dan hormon yang tidak seimbang. Ditambah juga adanya beberapa gangguan kesehatan lain.’

Lalu apa saja yang membuat volume darah haid tidak banyak? Berikut adalah penjelasannya.

Stres

Stres dinilai bisa juga menunda menstruasi. Sudah banyak penelitian yang memaparkan bahwa stres bisa mengganggu siklus haid karena hormon pada proses ovulasi terhambat.

Selain itu stres bisa juga memicu produktivitas volume darah yang dikeluarkan. Sumber pemasalahannya tentu tidak jauh berbeda yakni bermasalahnya hormon pada proses ovulasi.

Sekadar informasi, stres dibagi menjadi dua, yakni psikis dan fisik. Untuk stres secara psikis bisa dipicu oleh tekanan pekerjaan, konflik, dan bisa juga kehilangan seseorang yang dicintai. Sementara stres fisik bisa terjadi karena diet berlebihan dan olahraga yang terlalu ketat.

Oleh karena itu jika mesntruasi Anda tidak lancar atau darah haidnya sedikit, bukan tidak mungkin hal itu karena pengaruh psikis dan fisik Anda. Cobalah untuk perbaiki dan sedikit rileks, niscaya menstruasi Anda akan kembali seperti semula.

Berat Badan Turun

Bagi sebagian orang-orang yang pengin banget kurus terkadang menerapkan diet yang terlalu ketat. Masalahnya hal itu bisa mempengaruhi siklus menstruasi hingga mengurangi produksi darah haid.

Lemak dalam proses menstruasi dibutuhkan sebagai pmbentuk hormone. Kalau jumlah lemak tidak cukup maka kadar hormone juga akan kacau. Hasilnya hormone yang berperan dalam siklus haid pun tidak bisa bekerja secara maksimal.

Hamil

Kalau penyebab ini mungkin sudah jadi rahasia umum jika haidmu terganggu. Namun tetap saja bercak darah bisa terjadi, terlebih jika Anda belum menyadari akan kondisi kehamilan.

Bercak darah ini bahkan bisa diartikan bukan sebagai darah haid, tapi gejala awal kehamilan atau yang disebut dengan pendarahan implamantasi. Istilah ini adalah jenis perdarahan yang terjadi saat sel telur yang telah dibuahi kemudian menempel pada lapisan dinding rahim.

Menyusui

Proses menyusui memang bisa membuat masa ovulasi tidak beraturan. Produksi hormone proklatrin untuk memproduksi ASI bisa menghambat proses ovulasi dan menunda terjadinya haid untuk sementara waktu dan juga mengurangi produksi darah haid.

Usia

Faktor usia tentu saja mempengaruhi siklus menstruasi perempuan. Sebab saat memasuki masa perimenopause di usia akhir 30 sampai 40an hormon Anda akan berubah. Masa ini adalah saat sebelum benar-benar memasuki menopause. Hal ini juga yang bisa menyebabkan darah haid Anda volumenya berkurang.

Konsumsi Obat-obatan

Obat-obatan tertentu memang punya pengaruh langsung terhadap hormone. Untuk itu tidak heran apabila saat mengkonsumsi obat-obatan, menstruasi Anda tidak lancar dan darah haid jadi sedikit. Nah agar mudah diingat, daftar obat-obatan ini bisa menggangu proses menstruasi Anda.

Aspirin dan ibuprofen, obat pengencer darah, obat untuk mengatasi gangguan tiroid, obat epilepsy, obat antidepresan, obat kemoterapi, obat yang digunakan dalam terapi pengganti hormon.

Pada kasus lain, sebagian perempuan juga biasanya menggunakan obat penunda haid karena ada suatu hal yang mendesak. Nah, konsumsi obat penunda haid ini juga tidak bisa sembarangan, maka jika Anda belum begitu paham, silakan cari tahu lebih lanjut pada artikel di SehatQ.com berikut ini.

Pemakaian Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi baik pil atau suntik KB juga akan mempengaruhi hormon. Gangguan akan terjadi karena KB hormonal mencegah tubuh wanita untuk melepaskan sel telur, sehingga dinding rahim tidak menebal. Hal ini sebetulnya wajar dan tidak berbahaya, apalagi jika Anda baru kali pertama memakai alat kontrasepsi.

Jadi begitulah faktor-faktor tentang kenapa mentruasi tidak lancar dan darah haid Anda bisa sedikit. Kalau Anda punya masalah kesehatan lain dan butuh pencerahan, silakan baca berbagai artikel kesehatan di SehatQ.