Jaga Kesehatan Mata Setelah Lama Menatap Komputer

Posted on

Penggunaan komputer meningkat pas pandemi virus corona baru. Frekuensi menatap layar komputer sanggup berpengaruh terhadap kebugaran mata.

Cahaya yang dihasilkan komputer memicu mata menjadi lelah. Jika tidak ditangani, mata sanggup mengalami kekeringan dan merah.

Karenanya, baik pelajar maupun pekerja perlu mencermati kebugaran mata mereka.

Bersumber berasal dari Web MD, menatap layar komputer amat lama sanggup mengundang banyak ragam efek. Dampak tersebut di antaranya:

Kelelahan terhadap mata
Pandangan kabur
Sulit memfokuskan pandangan terhadap objek jauh
Mata kering
Sakit kepala
Sakit terhadap leher, punggung dan bahu
Karenanya, mutlak untuk menjaga kebugaran mata agar tetap baik terutama terhadap pelajar. 

Agar situasi mata dan tubuh terjaga, liat tips menjaga kebugaran mata bagi pengguna komputer, yang dikumpulkan berasal dari Web MD dan Mayo Clinic:

Istirahatkan mata

Mata termasuk butuh istirahat sepanjang bekerja atau studi di depan komputer. Istirahatkan mata tiap tiap 20 menit sekali.

Arahkan pandangan ke arah lain yang berjarak sekitar 6 meter. Lakukan hal ini sepanjang 20 detik.

Berdirilah tiap tiap dua jam sekali dan beristirahat sepanjang 15 menit. Cara ini sanggup meminimalisir sakit terhadap punggung, pundak, dan leher.

Sesuaikan pencahayaan  

Atur pencahayaan terhadap kamar agar tidak amat terang atau redup. Selain itu, pencahayaan terhadap komputer termasuk perlu disesuaikan.

Pastikan kecerahan layar tidak amat terang atau redup.

Atur posisi layar sedemikian rupa agar mata tidak amat menunduk pas menatap layar. Terlalu lama menunduk sanggup memicu leher dan pundak jadi sakit.

Akan lebih baik kecuali posisi layar komputer dan kepala sejajar. Pilih kursi yang nyaman dan sanggup diatur ketinggiannya.

Mengedipkan mata

Terlalu sering menatap layar komputer atau laptop sanggup memicu mata kering. Mata yang kering sanggup mengundang ketidaknyamanan.

Untuk menahan mata kering, usahakan untuk berkedip sesering mungkin. Jika tidak membantu, Anda sanggup menggunakan obat tetes mata agar mata tetap berair.

Beli obat tetes mata yang cocok bersama dengan situasi mata Anda. Jika perlu, konsultasikan terhadap dokter mata agar obat yang dipakai tepat.

Memilih kacamata yang tepat

Jika Anda memakai kacamata, pastikan kacamata Anda didesain untuk mengatasi radiasi. Pilih kacamata yang nyaman agar kesibukan studi atau bekerja Anda tidak terganggu.

Hindari penggunaan softlens gara-gara memicu mata lebih kering. Penggunaan softlens yang asal-asalan sanggup memicu mata iritasi.

Jika terpaksa menggunakan softlens, ada baiknya sering-sering menggunakan obat tetes mata. Cara ini sanggup memicu mata tetap berair sepanjang menggunakan softlens.

Konsumsi termasuk makanan yang baik untuk kebugaran mata. Asupan vitamin A sanggup menjaga mata tetap sehat sepanjang studi dan bekerja di depan komputer.