Ini Cara Asah Kreativitas Anak Tanpa Gadget

Posted on

Pandemi COVID-19 bukan halangan untuk selamanya produktif dan kreatif. Justru gara-gara kesibukan lebih banyak di rumah saja, waktu-waktu ini mampu dimanfaatkan untuk lebih dekat dengan keluarga, lebih-lebih memberi tambahan waktu lebih kepada anak-anak, serta menemani mereka didalam masa tumbuh kembangnya.

Menurut Psikolog Anak dan Pendidikan Elizabeth Santosa kreativitas merupakan tidak benar satu kebolehan manusia yang sudah tersedia didalam diri untuk mampu digunakan didalam mencari jalan keluar. Menurutnya, kreativitas itu umumnya keluar didalam masa sulit

“Biasanya pada waktu kita didalam kondisi adem ayem, enak, atau nyaman kreativitas jarang muncul. Namun kreativitas dapat keluar jika didalam kondisi kepepet. Idealnya, pada masa gelap layaknya masa pandemi ini harusnya banyak kreativitas yang muncul,” ujarnya dikutip dari web formal Satgas COVID-19, Senin (14/12/2020).

Elizabeth berpesan kepada orang tua sehingga di masa pandemi ini jangan memberi tambahan amat banyak sarana gadget sehingga menstimulus kreativitas anak-anak. Berilah benda konvensional layaknya kardus, spidol atau lainnya sehingga membuat anak berpikir benda tersebut sudi digunakan untuk apa.

“Nanti jika anak-anak menyerah, baru kita ajak untuk buat suatu hal bersama-sama. Tapi, jika selamanya dibantu, dan diberikan amat banyak fasilitas, kebolehan kreativitasnya tidak berkembang, tidak terstimulasi, mesti tersedia suatu hal yang menstimulus,” terangnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan kreativitas pada setiap pembelajaran itu mampu didapat dari kehidupan sehari-hari dengan anak, terkait bagaimana cara pandang orang tua menyikapi sistem tersebut.

“Ketika kita jelas alasan untuk jalankan sesuatu, anak-anak termasuk ikut merasakan apa yang kita rasakan. Ini lebih baik daripada, sekadar mencari jelas apa yang mesti kita lakukan,” jelasnya.

Sebagai informasi, untuk tetap menekan laju pandemi virus Corona di Indonesia, masyarakat diimbau untuk #IngatPesanIbu dengan tekun 3M yaitu #menjagajarak #memakaimasker dan #mencucitangan. Tindakan kecil ini amat mutlak untuk menyelamatkan nyawa banyak orang, jadi jangan abai pada protokol kebugaran ya!